MANFAAT SURVEI PELANGGAN UNTUK MENUMBUHKAN BISNIS

Bisnis

Terbit tanggal: 13 May 2020
manfaat-survei-pelanggan-untuk-menumbuhkan-bisnis.jpg

Kadang sebuah bisnis dapat secara subjektif mengukur performanya, namun supaya dapat lebih objektif, performa bisnis dapat diukur melalui survei kepuasan pelanggan. Sebuah bisnis dapat menanyakan langsung kepada pelanggan bagaimana pelayanan yang telah diberikan kepadanya.
Banyak cara yang dapat digunakan untuk bertanya kepada pelanggan, misalnya beberapa cara sebagai berikut :

Face-to-face
Bertanya secara langsung adalah cara paling efektif saat mencari tahu kepuasan pelanggan. Kamu bisa bertanya segera setelah pelanggan selesai melakukan proses transaksi. Saat itu pun pelanggan masih ingat betul pengalaman yang dia rasakan dan dapat memberikan masukan lebih lengkap.

Telepon
Jika memiliki nomor telepon pelanggan, kamu bisa melakukan telepon lanjutan ketika mereka selesai berkunjung. Cara ini efektif untuk melakukan survei sekaligus ke semua pelanggan.

Surel
Survei kepuasan pelanggan juga dapat dilakukan dengan mengirim surat email. Email adalah cara yang paling murah dan mudah untuk melakukan survei. Kamu bisa menerapkan cara ini apabila memiliki jumlah pelanggan yang sangat tinggi.
Berikut adalah berbagai manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan survei kepuasan pelanggan:

1.    Cari tahu apa yang pelanggan tidak suka
Dengan adanya survei kepuasan pelanggan, kamu bisa menggunakannya untuk perbaikan pelayanan. Misalnya dalam bisnis fotografi, kamu dapat menanyakan beberapa pertanyaan berikut :
- Apakah pelanggan suka dengan hasil foto yang telah kita beri?
- Apakah talent atau model percaya diri dengan riasannya?
- Apakah album foto yang diberikan bahannya sesuai dengan kemauan pelanggan?
Dengan pertanyaan seperti ini, kamu bisa tahu aspek mana yang perlu kamu tingkatkan apabila pelanggan tidak puas dengan aspek tersebut.

2.    Memaksimalkan kelebihan bisnis kamu
Tentu bisnis kamu juga memiliki kelebihan atau aspek yang disukai oleh pelanggan. Untuk membantu memaksimalkan bisnismu, ulangi beberapa perubahan yang dianggap sebagai kelebihan oleh pelanggan kamu. Misalnya, jika pelanggan mengatakan kalau kamu memiliki kemasan yang sangat menarik, kamu pun bisa menggunakan elemen kemasan ini di promosi masa mendatang.

3.    Menjadi sumber untuk testimoni pelanggan
Kamu bisa mencari testimonial dari pelanggan melalui survei. Bukan hanya untuk perubahan aksi atau usaha, tetapi jawaban di dalam survei juga dapat dikumpulkan menjadi arsip testimoni pelanggan. Pelanggan pun dapat melihat pengalaman dari pelanggan lain tanpa harus saling mengenal satu sama lain.

4.    Meningkatkan Reputasi
Memiliki testimoni juga dapat membantu bisnis kamu untuk memiliki kepercayaan pelanggan. Banyaknya jumlah testimoni akan menunjukkan bahwa kamu memiliki basis pelanggan yang besar pula. Sedangkan kualitas dari testimoni menunjukkan integritas sebagai bisnis dengan performa yang baik. Cari dan bagikan respon yang positif dari survei untuk menarik pelanggan baru.

5.    Bangun strategi media sosial
Pelanggan sering mencari tahu informasi suatu bisnis melalui media sosial karena dirasa lebih asli dan lebih relevan. Kamu bisa membagikan hasil surveimu melalui media sosial untuk membangun citra yang baik. Dapat pula kamu membagikan usaha perbaikan yang telah kamu lakukan sesuai dengan jawaban atau saran yang terdapat dalam survei untuk menunjukkan usahamu menjadi bisnis yang lebih baik. Dengan begitu, pelanggan pun dapat merasa dilibatkan dalam perkembangan bisnismu.
Begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan survei kepada pelanggan. Maka dari itu, survei pun harus dilakukan secara rutin dan berkala untuk memastikan performa yang dimiliki oleh suatu bisnis. Sudahkah kamu melakukan survei kepada pelanggan kamu?



5 Kegiatan Kreatif yang Bisa Jadi Peluang Bisnis.jpg
30 Nov 20

5 Kegiatan Kreatif Yang Bisa Jadi Peluang Bisnis

Terdapat banyak sekali peluang bisnis di sekitar kita. Yang diperlukan hanyalah kreatifitas untuk mengolahnya menjadi bi...

5 Langkah Awal untuk Memulai Bisnis Fotografi.jpg
30 Nov 20

5 Langkah Awal Untuk Memulai Bisnis Fotografi

Dunia usaha terus berubah dan berkembang seiring dengan pergantian zaman, begitu juga dengan bidang fotografi. Dahulu bi...

MANFAAT SURVEI PELANGGAN UNTUK MENUMBUHKAN BISNIS.jpg
13 May 20

Manfaat Survei Pelanggan Untuk Menumbuhkan Bisnis

Kadang sebuah bisnis dapat secara subjektif mengukur performanya, namun supaya dapat lebih objektif, performa bisnis dap...