A Basic Guide for Screenplay Writing

Kelas ini merupakan kelas yang akan membahas secara rinci segala yang dibutukan untuk dapat membuat sebuah naskah atau script melalui screenwriting.

Beginner 0(0 Ratings) 1 Murid bergabung
Dibuat oleh Helena Lorentia Diupdate tanggal Mon, 12-Oct-2020 English
Apa yang akan saya pelajari?

Kurikulum dalam kelas ini
7 Pelajaran 01:46:03 Jam
+ Selengkapnya
Deskripsi

Kelas ini merupakan kelas yang akan membahas secara rinci segala yang dibutukan untuk dapat membuat sebuah naskah atau script melalui screenwriting. Helena yang sudah berkecimpung di industri screenwriting akan menjelaskan hal-hal kecil, mulai dari definisi, hingga secara spesifik membahas proses penulisan script dan membagikan berbagai contoh sebagai latihan screenwriting.


Kelas Helena memiliki beberapa modul sebagai berikut:


Chapter 1: Apa itu screenwriting? Apa itu directing?

Dalam chapter pertama ini, bukan hanya akan dijelaskan definisi dari screenwriting dan screenplay. Helena juga akan memberikan contoh sebuah script dan elemen apa saja yang perlu diikutsertakan pada script. Helena juga akan menyarankan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah penulisan script.


Chapter 2: Persiapan mental sebelum menulis.
Sebelum kamu mulai menulis, persiapan mental juga perlu dilakukan. Helena menyebutkan bahwa seorang penulis perlu terbiasa untuk pola pikir visual. Pada kelas ini, Helena memberikan beberapa saran dan latihan yang bisa membantu seseorang untuk terbiasa berpikir secara visual saat menulis script. Kebiasaan ini akan membantu proses pengerjaan film, terutama saat script kamu harus dibaca oleh crew film lain. Helena juga memberikan tips agar tidak terjebak untuk membuat script yang terlalu detail.


Chapter 3: Basic guide of screenplay writing.
Setelah sudah mengetahui definisi dan melakukan persiapan mental, kini saatnya untuk mulai menulis. Proses menulis ini memiliki  tahapan yang penting yang dimulai dari mencari ide. Helena dalam kelas ini membahas tentang bagaimana cara mencari ide dan cara mendapatkan ide agar bisa membuat script yang baik. Helena juga memberikan berbagai contoh film yang sudah beredar dan memberikan latihan untuk mencari ide dasar dari film tersebut.


Chapter 4: Conflict of interest.
Setelah mendapatkan ide, kini kamu perlu mengembangkan ide cerita tersebut menjadi suatu struktur. Dalam naskah atau script, struktur akan lebih terlihat apabila ada perumusan masalah atau konflik. Dalam naskah tidak mungkin bila tidak ada konflik yang terjadi. Bila tidak terjadi konflik, maka tidak akan ada cerita di dalamnya. Helena memberikan contoh teori konflik yang akan menarik untuk dalam dan perbedaan dari berbagai konflik tersebut.


Chapter 5: Defining character.
Pada kelas ini, kamu akan mempelajari cara membuat karakter dan goal karakter. Helena berbagi cara untuk membuat karakter agar menjadi lebih menarik dan mendefinisikan goal dari karakter yang ada. Terakhir, Helena juga memberikan tips untuk mengembangkan karakter yang berkesan dan bisa disukai banyak orang.


Chapter 6: Memilih format naskah film.
Ada beberapa elemen utama yang akan dibahas dalam kelas ini, yaitu plot, structure, dan genres. Kelas dimulai dengan pemberian definisi plot dan format plot yang berguna untuk mengembangkan jalan cerita dalam naskah. Helena juga memberikan latihan bagaimana membuat plot dan memberikan rujukan situs web yang bisa melatih kamu untuk menyusun plot.
Helena juga akan menjelaskan definisi structure, berbagai macam structure serta penjelasannya. Kemudian, Helena juga memberikan pemahaman mengenai genre, ciri khas genre, dan bagaimana proses membangun cerita ke dalam suatu genre tertentu. Helena juga akan memberikan beberapa referensi film untuk membantu kamu agar mendapatkan ide seperti apa genre yang dapat kamu buat.


Chapter 7: Summary.
Dalam kelas terakhir, Helena akan menyampaikan ringkasan yang sudah dijelaskan dari beberapa chapter sebelumnya. Semua akan berhasil apabila kamu berani belajar dan mencoba untuk melakukannya.

+ Selengkapnya
Kelas terkait
00:43:00 Jam
Updated Mon, 07-Dec-2020
0 1 Gratis
00:30:00 Jam
Updated Mon, 07-Dec-2020
0 6 Gratis
01:59:00 Jam
Updated Mon, 07-Dec-2020
0 10 Gratis
01:14:44 Jam
Updated Wed, 21-Oct-2020
0 2 Rp 250000
Tentang instruktur
+ Selengkapnya

Helena Lorentia has studied filmmaking in DongSeo University, Korea under the assistance of Director Im Kwon Taek, Kim Dae Seung, Lee Moo young, and Kim Sun Ryung. She is a passionate artist who deepens her view of filmmaking by taking acting workshops with Gil Hae Won (actress and mentor of SM Town Korea) and Gill Betman. In 2017, she received a scholarship from FLY Film Lab - ASEAN-ROK Script Lab.

Helena has participated a lot in Indie Film Productions, Wedding Videography, and also Company Profile Production as freelance Directors and Producers. Recently, she has become the Creative Director of Pump N Jump Academy of Performing Arts while actively teaching filmmaking to younger filmmakers in some High School in Surabaya.

Feedback Murid
0
Rata-rata penilaian
  • 0%
  • 0%
  • 0%
  • 0%
  • 0%
Review
Rp 250000
Beli sekarang
Termasuk:
  • 01:46:03 Jam On demand videos
  • 7 Pelajaran
  • Full akses selamanya